6 Siasat Mudah Enyahkan Stres


Kehidupan yang senantiasa sibuk dan serba cepat setiap hari amat berpotensi memicu timbulnya stres. ‘Lari’ sejenak dari ‘hiruk-pikuknya’ kehidupan adalah cara yang tepat untuk menenangkan diri. Praktekkan enam cara mudah berikut untuk meredam stress :
1. Otot-otot tubuh tegang?
Lakukan pijat refleksi sendiri…
Tak perlu buang-buang waktu ke tempat khusus pijat refleksi. Anda bisa kok, membuat otot-otot tubuh menjadi relaks di rumah. Caranya, duduklah dengan nyaman dan santai. Kedua kaki diselonjorkan ke depan. Lalu, oleskan minyak pijat aromaterapi pada bagian kaki. Lakukan gerakan pijatan dengan cara memutar dan sesekali menekan secara perlahan menggunakan jari-jari tangan, ke arah telapak kaki. Seninya terapi refleksi, pijatan di titik-titik pada daerah kaki, tidak hanya dapat memperlancar sirkulasi darah, tapi juga akan membuat otot-otot dada dan punggung menjadi relaks. Anda juga bisa melakukan terapi ini bersama teman atau pasangan. Dijamin, bisa membangkitkan energi tubuh dan jiwa!
2. Perut ‘bergejolak’?
Buatlah perut Anda lebih relaks…
Pejamkan mata Anda perlahan. Buang napas dalam-dalam, ibarat Anda mengeluarkan udara lama yang sudah ‘basi’ dari dalam paru-paru. Lalu, lipat kedua tangan di bawah pusar. Tarik napas perlahan melalui hidung. Rasakan bagian perut Anda mengembang. Saat membuang napas, bayangkan Anda mengeluarkan napas melalui diafragma (tulang rusuk). Lakukan hal sama, tapi bayangkan Anda menarik dan membuang napas melalui ginjal (bagian balakang di atas pinggang). Menarik napas dalam-dalam lewat perut berkhasiat mengalirkan oksigen ke dalam darah, sehingga bisa membantu Anda berkonsentrasi, mengirimkan perasaan tenang ke dalam tubuh, dan menurunkan tingkat stres!
3. Lelah ibarat ‘berakrobat’?
Stres bukan masalah sepele…
Tahukah Anda, saat Anda tertawa lepas adalah saat Anda menjadi diri Anda yang sebenarnya. Tentunya Anda merasa lelah selalu berusaha menampilkan sisi terbaik Anda kepada orang lain yang Anda hadapi…Masih ingat dengan lelucon atau perilaku konyol yang pernah Anda lakoni dulu? Pastinya, saat itu hidup Anda terasa tanpa beban. Jadi, mulailah bersikap positif! Petik bunga liar di taman, atau tonton film-film konyol! Lakukan aktivitas spontan yang dapat membuat Anda tertawa sehingga memacu produksi hormon endorfin yang berfungsi meningkatkan mood, meningkatkan kesehatan tubuh, pikiran, jiwa.
4. Punya waktu 5 menit?
Bersantailah!
Kencangkan otot-otot tubuh Anda! Mulai dari tangan mengepal, menahan otot perut, mengatupkan gigi, hingga menggerakkan pipi ke atas. Lalu, angkat kedua bahu ke arah telinga Anda. Tahan posisi selama 10 detik. Perlahan relakskan otot-otot yang Anda kencangkan tadi satu persatu. Sambil menarik napas, Anda bisa membayangkan menarik energi bahagia, damai dan percaya diri. Kemudian, buang napas, ibarat membuang jauh-jauh rasa cemas, stres, dan ketegangan. Ulangi. (alternatif: keluarkan segala suatu hal yang tidak lagi membuat Anda merasa nyaman, dan ‘masukkan’ ke dalam diri hal-hal yang Anda sukai).
5. Merasa ‘dilempar’ ke sana ke mari?
Tuangkan isi pikiran ke dalam tulisan!
Sudah lama mengidamkan tidur nyenyak dan pulas tanpa ada beban? Sebelum naik ke tempat tidur, tuliskan daftar singkat berisi hal-hal yang membuat Anda ‘pusing’ tujuh keliling, terutama tugas-tugas pekerjaan yang tengah Anda hadapi. Bacalah ulang untuk meyakinkan kembali segala hal yang sudah tertuang dalam catatan tersebut. Letakkan catatan di atas meja di samping tempat tidur, agar semua yang perlu dilakukan esok hari bisa langsung terlihat. Jika rasa cemas kembali menyerang, biarkan rasa itu mengalir ke luar dari pikiran Anda. Selamat bermimpi indah!
6. Stres berat, harus bagaimana?
Ciptakan ‘kotak’ antistres.
Jika berbicara tentang cara melepaskan stres, satu cara belum tentu menyelesaikan semuanya. Kembangkan sebuah program stres manajemen yang bisa menyatu dengan gaya hidup Anda. Banyak-banyaklah tertawa dan luapkan energi kebebasan, kreatif dalam berekspresi, dan cerdas mengelola emosi. Jangan lupa mengonsumsi asupan bergizi, berolahraga atau bermeditasi. Bahkan, sentuhan lembut dari orang terkasih dapat menyeimbangkan hari-hari yang melelahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: